Bahaya Minum air Putih Terlalu Banyak !




Akhir-akhir ini sangat santer beredar terapi air yang diyakini ampuh untuk mengobati beberapa penyakit dan hal ini dipercaya luas juga dilakukan oleh banyak orang. Tanpa mereka sadari, bahwa ternyata meminum air putih dalam jumlah yang besar itu sangat berbahaya bagi kesehatan.

Meminum air dalam jumlah banyak dalam istilah kerennya disebut Water Intoxication, atau disebut juga Hyper Hydration dalam dunia medis ternyata menimbulkan banyak kasus kematian fatal, hal itu karena air jumlah besar berbahaya bagi organ-organ dibawah ini :



1. Jantung
Air yang dikonsumsi akan diserap ke saluran cerna dan masuk ke pembuluh darah menyebabkan volume darah jadi bertambah. Hal ini membebani kerja jantung. Jantung didesak untuk memompa darah lebih cepat, dan memaksa jantung bekerja lebih banyak seperti ini akan memperpendek usianya. Membuat jantung bekerja keras karena olahraga berbeda dengan jantung bekerja keras karena terlalu banyak air dalam tubuh. Dengan berolahraga kita tahu kapan harus beristirahat, tidak mungkin berolahraga dalam waktu yang lama. Namun minum air putih yang banyak diluar kebutuhan tubuh akan membuat jantung bekerja ekstra keras tanpa kita sadari secara terus menerus.


2. Ginjal
Karena mudah diserap pencernaan, cairan akan menuju ginjal untuk disaring. Banyak orang beranggapan bahwa semakin banyak minum air putih akan membersihkan ginjal. Ini tidak sepenuhnya benar, ginjal bukanlah sesuatu saringan yang kita siram air dan ia akan menjadi bersih. Air yang kita minum berapapun banyaknya akan tetap terkotori juga dipencernaan, dan cairan ini membuat ginjal bekerja terus menerus, dan ini akan melemahkannya dan membuatnya mudah terserang penyakit ginjal.


3. Lambung
Terutama saat minum sebelum tidur. Jika masih ada cairan, isi lambung akan meluap naik menuju kerongkongan saat Anda merebahkan diri. Saat itu terjadi, tubuh akan menyempitkan saluran pernapasannya dan menghentikan pernapasan Anda untuk mencegah isi lambung memasuki tenggorokan. Tindakan otomatis tubuh mengentikan pernapasan agar air tidak masuk kekerongkonngan dan paru2 akan berakibat fatal. Disamping itu, minum terlalu banyak juga bisa membuat kapasitas lambung lebih besar, ini mengiritasi dan melukai lambung.


4. Paru-paru
Walaupun hanya air, jika bercampur dengan asam lambung saat berbalik naik keatas akan memasuki tenggorokan dan terhirup ke dalam paru-paru yang menimbulkan pneumonia.


5. Otak
Banyak kasus kematian tercatat saat orang merasa kepanasan dan merasa haus terus menerus mereka menjadi minum air terlalu banyak, saat diteliti ternyata air itu ada sebagian kecil yang terperangkap diotak, dan itu menciptakan efek stroke. Banyak air akan melebarkan jaringan, dan ini sangat baik bagi pembuluh darah, namun masalahnya jaringan otak juga jadi mengembang, dan ini membuat stroke. Kasus ini banyak terjadi pada para pelari Marathon, untuk itu mengapa para pelari maraton cenderung menyiramkan air ketubuhnya daripada meminumnya.


6. Sel Darah Merah

Beberapa ilmuwan meyakini kalau menambah jumlah air lebih dari yang diperlukan tubuh akan membuat sel darah merah mengembang, dan bila lebih banyak lagi sel darah merah tersebut akan meledak.


7. Pencernaan
Pencernaan jadi bekerja terus menerus, pada saat ia seharusnya beristirahat. Terlalu banyak air yang terus menerus lewat juga akan menghabiskan enzym2 pencernaan, membuat ia menjadi bekerja lebih berat. Kapasitas air yang terlalu banyak akan membuat kapasitas pencernaan jadi besar, alhasil minum air kebanyakan justru membuat agan menjadi buncit.


8. Keracunan
Air mineral kemasan mengandung banyak mineral, air keran mengandung banyak Chlorine. Mineral baik bila dikonsumsi dalam kadar yang tepat. Bila ini dikonsumsi dalam jumlah besar diwaktu yang panjang terutama chlorine, akan memberikan efek penumpukan keracunan perlahanan, dan menimbulkan penyakit2 lain seperti kanker.

Ane tahunya ini awalnya dari temen ane, nyokapnya meninggal karena hobi minum air putih yang banyak, dia nggak tahu kalau dia sakit jantung, terus dokternya bilang nyokapnya kena hyper hydration. Kedua itu om ane, dia sakit pinggang pas pergi kedokter ngecek, gak tau ginjalnya kena gan, dia protes kedokter mana bisa khan dia minum air yang banyak, kata dokter justru minum air kebanyakan yang bikin ginjalnya jebol. Gitu gan..

Jadi hati-hati gan... jangan termakan trend sekarang yang mengatakan minum kebanyakan air itu bikin lebih sehat.

Ane curiga itu sebenarnya campaign dari perusahaan2 air minum kapitalis, supaya orang2 minum lebih banyak dari yang mereka butuhkan...

Terus berapa batas air yang boleh kita minum itu?
Ada banyak sumber dengan kesimpulan beda-beda, karena ada banyak faktor yang didalamnya. Seperti sedang menderita penyakit apa, berat tubuh dan umur, dan juga faktor genetik.

Sehingga menurut sebagian besar ahli, bukan batas maksimum yang harus dipertanyakan, tetapi batas minimum. Dan juga cara minumnya tidak boleh dalam jumlah besar sekaligus, tetapi dicicil sedikit2.

Menurut mereka orang yang tidak punya banyak aktifitas (kantoran) sebaiknya mengkonsumsi air minimum satu liter sehari. Sementara orang yang punya aktifitas banyak dan berkeringat minimum meminum air 2 liter sehari.


Kaskus.us

Postingan populer dari blog ini

Tahun Mencekam Di kota Kediri

AS puji Indonesia

Google diblokir ? masih ada search engine lain